Breaking

Monday, October 29, 2018

Latihan Soal 2 Logika Informatika

Nama           = Muhammad Faisal Yudiansah
NIM             = 2017230135
Jurusan        = Teknik Informatika
Mata Kuliah = Logika Informatika
Universitas Darma Persada

"If you send me an e-mail message, then I will finish writing the program,” “If you do not send me an e-mail message, then I will go to sleep early,” and “If I go to sleep early, then I will wake up feeling refreshed”. “Therefore, If I do not finish writing the program, then I will wake up feeling refreshed."

"Jika Anda mengirimi saya pesan e-mail, maka saya akan selesai menulis program, ”“ Jika Anda tidak mengirimi saya pesan e-mail, maka saya akan tidur lebih awal, ”dan“ Jika saya tidur lebih awal, maka saya akan bangun dengan perasaan segar kembali ”. “Karena itu, jika saya tidak selesai menulis program, maka saya akan bangun dengan perasaan segar "

Jawaban :
P : You send me an e-mail message
Q : I will finish writing the program
R : I will go to sleppy early
S : I will Wake Up feeling refreshed

Hypotheses :
p -> Q
¬P->R
R->S
¬Q->S (Kesimpulan)

Kesalahan dalam mengambil kesimpulan proposisi [(P->Q) /\ Q] -> P bukan tautologi, karena jika nilai [(P->Q) /\ Q] -> P akan menjadi salah jika nilai P salah dan Q itu benar.
maka ketika (permisalan) implikasi P->Q dan hasil dari implikasinya Q benar, proposisi Q tidak boleh benar.

Maka soal itu salah, atau bisa disebut dengan fallacy of affirming the conclusion ( kekeliruan menegaskan kesimpulan )

No comments:

Post a Comment