Breaking

Friday, June 2, 2017

[REVIEW] Harvest Moon: Skytree Village (BAHASA INDONESIA)


Berangkat dari kegagalan seri The Lost Valley dua tahun lalu, Natsume menjawab segala kritik dan saran penggemarnya agar Harvest Moon dapat bersaing dengan Story of Seasons. Bagaimana upaya Natsume demi mengembalikan identitas Harvest Moon? Simak ulasannya berikut ini!

Sebuah desa bernama Skytree, dahulu dikenal memiliki tanah yang subur dan hijau. Kini, desa tersebut telah ditinggalkan para penduduknya karena menjadi tanah yang kering dan tandus. Harvest Goddess kemudian mengutus sang protagonis untuk menghidupkan kembali tujuh Skytree demi upayanya mengembalikan kekuatan Sang Dewi. Selain itu, sang protagonis juga ditugaskan untuk mengembalikan kepercayaan orang-orang agar mau menghuni di desa Skytree yang sunyi sekali lagi.

Gameplay


Belajar dari kegagalan seri The Lost Valley, permainan dalam Harvest Moon: Skytree Village kini lebih terarah. Di awal permainan, Anda akan menjalani tutorial yang dibimbing oleh Rowan, salah satu Harvest Sprite yang diutus oleh Harvest Goddess. Tidak seperti The Lost Valley, dimana Anda akan dilepas begitu saja di awal permainan tanpa tujuan yang jelas, setiap aktivitas yang akan Anda jalani dalam Skytree Village akan dijelaskan secara singkat dan padat, disertai petunjuk yang jelas.

  • Health & Stamina

Pada layar permainan, terdapat ikon wajah yang menunjukkan kesehatan karakter dan bar berbentuk hati yang menunjukkan stamina. Stamina karakter cukup banyak hingga Anda dapat melakukan banyak aktivitas dalam sehari. Namun, pastikan karakter Anda tidak tidur terlalu larut karena akan berpengaruh pada kesehatannya di esok hari.
  • Time

Tempo berjalannya waktu dalam game ini masih mirip dengan The Lost Valley, hanya saja dengan berbagai implementasi fitur baru, membuat tempo waktu terasa pas, tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lambat.
  • Farming


Sejak awal permainan, Anda sudah dibekali dengan lahan pertanian oleh Harvest Goddess, walaupun belum seluruhnya dapat Anda kunjungi. Ketika berada dalam lahan pertanian, Anda dapat mengubah kamera dari tiga mode yang tersedia. FreeMode, Overhead Mode dan Farming Mode. Dalam Free Mode, Anda dapat bergerak bebas dan memutar kamera sesuai selera Anda. Dalam Overhead Mode, kamera akan menyorot dari atas kepala karakter agar lahan pertanian lebih mudah terlihat. Dalam Farming Mode, gerakan karakter akan lebih kaku untuk meminimalisir kesalahan dalam bercocok tanam.Natsume mengimprovisasi mekanisme bercocok tanam dalam game ini. Kini, Anda dapat mencangkul, menyiram, memanen dan menebar bibit dalam jumlah banyak dalam satu kali aksi. Bahkan Anda bisa mengupgrade peralatan Anda hingga dapat melakukan aksi dalam jangkauan 9×9 petak. Anda juga dapat meminta bantuan para Harvest Sprites untuk meningkatkan kualitas bibit atau sekedar menyiraminya, namun tetap memiliki batasan. Bantuan dari para kurcaci dapat mengurangi tingkat kejenuhan bercocok tanam serta memberikan banyak waktu luang untuk aktivitas lainnya. Terdapat jenis bibit-bibit baru yang hadir dalam game ini. Hal positif lainnya adalah benih yang Anda tanam, tidak akan mati ketika musim berganti, namun akan tetap berhenti tumbuh.
  • Livestock

Selain bercocok tanam, beternak adalah fitur wajib yang selalu ada dalam setiap serial Harvest Moon. Dalam game ini, tersedia empat jenis hewan ternak, yaitu ayam, sapi, domba dan keledai. Ayam akan menghasilkan telur, sapi menghasilkan susu, domba menghasilkan wol dan keledai akan menghasilkan bulu panjang yang dapat digunakan untuk membuat pakaian. Satu hal yang cukup menyebalkan dari game ini adalah Anda harus menunggu hewan ternak Anda selesai makan agar dapat memerah susu atau mencukur bulunya. Selain keempat hewan ternak di atas, Anda juga dapat memelihara kucing, anjing dan kuda. Kuda dapat Anda gunakan sebagai tunggangan atau mengikuti festival pacuan kuda. Sayangnya, kuda peliharaan Anda punya jadwal tidur rutin setiap pukul 8 malam. Setelah lewat dari jam itu, Anda tidak bisa menungganginya lagi.
harvest-moon-skytree-village-poitou-donkey
  • Fishing


Mekanisme memancing masih mirip dengan pendahulunya, hanya saja kini pancingan Anda dapat diupgrade ke level yang lebih tinggi. Anda bisa memancing menggunakan tanpa menggunakan umpan sekalipun. Penggunaan umpan memberikan Anda kesempatan untuk menangkap jenis ikan langka. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan rakit untuk menjangkau tempat-tempat yang lebih luas untuk memancing.
  • Mining

Mekanisme bertambang terjadi sangat acak dalam game ini. Anda hanya bisa mendapatkan satu logam langka per titik tambang per harinya. Sisanya, Anda mungkin hanya mendapatkan tumpukan sampah yang akan memenuhi inventory.
  • Terraforming

Salah satu fitur yang kembali dari seri The Lost Valley. Terraforming adalah pembentukan lahan pertanian yang Anda miliki. Anda dapat menggali atau mengisi tiap petak ladang menjadi lebih rendah atau lebih tinggi. Bahkan Anda juga dapat membuat jalan di atas air agar bisa membentuk jalan untuk dilewati.
  • Request

Tidak hanya bercocok tanam dan beternak di lahan pribadi, Anda juga butuh melakukan interaksi kepada penduduk desa Skytree. Mereka akan meminta banyak bantuan Anda untuk menyelesaikan permasalahan mereka. Setelah membantu mereka, akan ada hadiah yang menunggu Anda.
  • Festival

Di tanggal-tanggal tertentu, terdapat festival yang diselenggarakan di tengah desa Skytree. Biasanya karakter Anda akan menerima informasi melalui mimpi mengenai festival yang akan segera berlangsung kemudian hari. Jenis-jenis festival yang dapat Anda ikuti pun beraneka ragam, mulai dari festival memasak, balap kuda dan masih banyak lagi festival unik di setiap musimnya.
  • Villagers

Di awal musim semi tahun pertama, Anda akan diperkenalkan satu per satu dengan para penduduk desa Skytree beserta pekerjaan mereka. Beberapa karakter dari The Lost Valley, kembali hadir dalam game ini seperti Harvest Sprites, Sam, Doc, Sally, Naomi, Tabitha, Gareth, King Gorgon, Harvest God dan Harvest Goddess. Selain mereka, terdapat pula banyak karakter baru yang siap menghibur Anda dengan keunikan mereka masing-masing. Tidak jarang pula mereka meminta bantuan Anda untuk menyelesaikan masalah yang mereka hadapi.
  • Marriage

Setelah mengembalikan kepercayaan para penduduk desa Skytree, tidak lengkap rasanya jika karakter Anda tetap menjomblo. Anda dapat membangun bahtera rumah tangga dengan menjalin asmara dengan tiga kandidat yang tersedia untuk setiap jenis kelamin karakter. Untuk karakter laki-laki, Anda dapat memilih untuk menikahi Elise yang ceria, Melanie yang tsundere atau Jeanne yang pintar. Sementara karakter perempuan, dapat memilih untuk menikahi Dean yang bersemangat, Cyril yang bersahaja atau Gabriel yang pemalu. Sayangnya, tidak ada penanda kedekatan yang jelas antara karakter Anda dan sang kandidat seperti tanda hati atau bar.

Visual



Visual dalam game ini mengalami peningkatan dibanding The Lost Valley, walaupun tidak terlalu signifikan. Meninggalkan model chibi dan beralih ke postur tubuh yang lebih proporsional, membuat game ini lebih nyaman dipandang. Sayangnya, lahan pertanian yang berundak masih terlihat seperti kotak-kotak kubus sehingga sedikit mengurangi keindahan visualnya. Hal yang cukup menarik adalah ekspresi-ekspresi para karakter ketika sedang melakukan dialog, seperti wajah senang, sedih, kaget, marah dan lain-lain. Desa Skytree pun divisualisasikan dengan indah, walaupun ukurannya yang sangat kecil untuk dijelajahi.

Audio


Tsukasa Tawada kembali menjadi komposer dalam game ini. Alunan musik pengiring yang indah akan menemani Anda menjalani hari-hari sebagai petani. Bahkan di momen-momen tertentu, musik terasa sangat pas untuk menggambarkan suasana yang ada. Suara efek teks berjalan pun masih setia mengiringi setiap dialog yang berlangsung.


1 comment:

  1. ZEUSBOLA

    SEGERA CLAIM BONUS ANDA UNTUK PENGGUNA BARU :
    BONUS NEW MEMBER
    BONUS CASHBACK
    BONUS REWARD
    DLL

    HADIAH UNTUK PEMENANG DARI ZEUSBOLA BERUPA IPHONE 11 PRO MAX

    DEPOSIT MURAH
    AMAN DAN TERPERCAYA
    DEPOSIT PULSA
    DEPOSIT BANK

    UNTUK LEBIH LANJUT SILAHKAN HUBUNGI KAMI DI :
    WHATSAPP :+62 822-7710-4607
    TELEGRAM :Zeusbola
    LINE : zeusbola
    INSTAGRAM :zeusbola.official


    ReplyDelete